Friday 2 February 2018

PT. SMI Siapkan Pinjaman Lunak Berbunga Rendah bagi Pemda di Indonesia


Sebagai salah satu perusahaan plat merah milik pemerintah pusat, PT. Sarana Multi Infrastrukur (SMI) menegaskan kesiapan untuk mendukung pembangunan di NTB dengan menyiapkan skema pembiayaan melalui pinjaman lunak dengan bunga rendah bagi semua kabupaten/kota di NTB yang membutuhkan intervensi anggaran.

Demikian disampaikan Direktur Utama PT. SMI, Agresius R. Kadiaman, di Novotel Kuta  usai penandatanganan perjanjian pinjaman dengan Pemkab Lombok Tengah (Loteng) , Rabu (31/1/2018).

Diakuinya, sampai sejauh ini baru dua kabupaten di  NTB yang memanfaatkan pembiayaan dari PT. SMI. Pemkab Loteng dengan Lombok Timur (Lotim). Bahkan, Pemkab Loteng tahun ini kembali mengajukan pinjaman dan sudah disetujui di angka Rp 79 miliar.

Dengan begitu, progam-program di daerah yang mungkin tidak bisa terlaksana, karena terbentur persoalan anggaran bisa diintervensi dari pinjaman di PT. SMI. “Tahun ini posisi modal kita sudah di angka Rp 34 triliun dan itu bisa diakses oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Termasuk di NTB sendiri,”  terangnya.

Agresius mengatakan, tidak semua program yang bisa dibiayai dari pinjaman oleh PT. SMI. Hanya pada program-program produktif yang memiliki dampak luas bagi perkembangan daerah, seperti jalan, fasilitas kesehatan dan ekonomi.

Besaran pinjaman yang bisa diakses cukup besar, bisa sampai Rp 500 miliar. Tergantung kemampuan dan kondisi anggaran serta kebutuhan dari daerah bersangkutan. “Kita tidak mungkin memberikan pinjaman melebihi kemampuan anggaran dan kebutuhan daerah. Karena jangan sampai pinjaman justru menyulitkan daerah,” tambahnya.

Pinjaman yang diberikan juga tidak diberikan langsung seluruhnya. Tetapi bertahap, sesuai dengan perencanaan kebutuhan anggaran daerah. Hal itu dilakukan, supaya penggunaan dana hasil pinjaman tersebut tidak serampangan. Ini juga salah cara PT. SMI dalam membina pemerintah daerah selaku mitra.  (Munakir/Lombok Tengah)

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © PAGAH PRAYE | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top