Tuesday 6 February 2018

Cadangan Beras Loteng Cukup untuk Delapan Bulan


Ketersediaan pangan di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) sampai saat ini masih pada posisi aman. Utamanya untuk cadangan beras, cukup untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat di daerah ini hingga delapan bulan ke depan. Demikian ditegaskan Kepala Badan Ketahangan Pangan Loteng, L. Wardihan, Sabtu (3/2/2018).

Menurutnya, saat ini, total cadangan setara beras Loteng mencapai sebesar 80 ribu ton lebih. Di mana lebih dari setengah dari cadangan tersebut ada di masyarakat. “Total ada sekitar 42 ton dari total cadangan beras saat ini ada di masyarakat. Sisanya baru ada di gudang-gudang milik pemerintah,” ungkapnya.

Pemkab Loteng punya cadangan beras sekitar 18 ribu ton yang bisa digunakan kapanpun jika benar-benar dibutuhkan sesuai dengan ketentuan yang ada. Artinya, Loteng tidak kekurangan pangan khususnya untuk beras. Bahkan Loteng siap melakukan intervensi untuk memenuhi kebutuhan beras daerah lainnya, jika dibutuhkan.

Terlebih dengan mulainya musim panen tahun ini, stok beras Loteng dipastikan bakal semakin kuat, karena masyarakat sekarang sudah paham dan pandai. Di mana biasanya, masyarakat menyiapkan cadangan beras khusus setiap musim panen dan baru dikeluarkan pada saat-saat menjelang panen seperti sekarang ini.

Terbukti, pada saat gejolak harga beras beberapa waktu lalu, masyarakat tidak panik. Masyarakat justru sangat tenang menghadapi gejolak harga beras, sehingga tidak begitu berdampak signifikan bagi masyarakat. (Munakir)

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © PAGAH PRAYE | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top