Friday 2 February 2018

ITDC Klaim Pengembangan KEK Mandalika Tahap Pertama Sudah 94 Persen



Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengklaim pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tahap pertama sudah hampir selesai. Khususnya yang terkait pembangunan sejumlah fasilitas penunjang kawasan. Di mana beberapa di antaranya sudah dinyatakan selesai.
“Secara umum untuk pembangunan fasilitas fisik penunjang KEK Mandalika sudah mencapai 94 persen,” terang Deputi Project Director KEK Mandalika, H. Adi Sujono, kepada Suara NTB, Kamis (1/2/2018).

Menurutnya ada beberapa fasilitas yang harus diselesaikan, seperti pembangunan fasilitas toilet berstandar internasional di kawasan Pantai Kuta, life guard serta fasilitas penunjang di area jalan masuk kawasan. Sementara untuk pembangunan masjid, penataan kawasan Pantai Kuta berupa pemasang paving block sudah selesai dikerjakan. “Target penyelesaian seluruh pekerjaan yang ada pada Bulan April mendatang,” terangnya.

Adapun untuk pembangunan fasilitas pariwisata seperti hotel dan sebagainya, itu tergantung kesiapan dari investor yang ada. ITDC dalam hal ini hanya bertanggung jawab membangun fasilitas penunjang kawasan. Tapi hampir semua investor tahun ini sudah akan mulai membangun. “Seperti Pullman, saat ini sudah mulai tahap pembangunan fisik dan akan diikuti oleh investor-investor lainnya,’’ klaimnya.

Lebih lanjut Adi menjelaskan, meski pembangunan tahap pertama tuntas tahun ini, bukan berarti proses pembangunan di dalam kawasan akan terhenti. Tetapi akan berlanjut dengan beberapa pembangunan fasilitas pendukung lainnya. Di antaranya, tahun ini ITDC akan membangun pusat UKM serta pembangunan kantor ITDC.

Harapannya, baik untuk pusat UKM bisa digunakan pertengahan tahun ini. Begitu pula untuk kantor ITDC, mengingat, ITDC sampai sekarang ini masih meminjam gedung Rumah Mutiara Indonesia (RMI) sebagai kantor sementara. “Untuk kantor ITDC, lokasinya tepat di bawah Masjid Mandalika,” jelasnya.

Tapi kantor tersebut juga bersifat sementara, karena untuk kantor ITDC yang permanen akan dibangun khusus lengkap dengan pusat perkantoran serta pusat perbelanjaan di sebelah timur Pantai Kuta. “Karena ini kawasan pariwisata kelas dunia, kantor ITDC juga harus berkelas dunia,”  ujarnya. (Munakir/Lombok Tengah)

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © PAGAH PRAYE | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top